Rabu, 21 Juni 2017

Pengelolaan Kelas

Pengelolaan Kelas
A.  Pengertian Pengelolaan Kelas
Merupakan kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisiyang optimal nagi terjadinya proses belajar efektif didalam kelas.
B.   Manajemen Kelas
v Membuat kelas sebagai tempat belajar
v Menciptakan proses belajar yang efektif didalam kelas
v Menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk terjadinya proses belajar.
v Selalu berusaha agar siswa benar-benar akrtif dalam belajar
v Mengupayakan suasana-suasana yang membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien
C.   Tujuan Manajemen Kelas
v Mewujudkan situasi  dan kondisi kelas , baik sebagai lingkungan belajar dan kelompok belajar yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
v Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar dan mengajar yang efektif.
v Meyediakan dan mengatur fasilitas perabotan yang mendukung dan memungkin siswa dapat belajar secara efektif.
v Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial , ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya.
D.   Tren Manajemen Kelas
Lama
Baru
·       Menekankan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol siswa.
·       Fokus pada kebutuhan siswa untuk mengembangkan hubungan  dan kesempatan untuk menata diri.
·       Mengorientasi siswa pada sikap pasif  dan patuh pada aturan ketat yaitu melemahkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang aktif.
·       Menekankan pada bimbingan siswa menjadi menjadi lebih disiplin dan tidak terlalu menekan kan pada faktor kontrol eksternal atas diri siswa.
·       Guru bertugas sebagai pengatur
·       Menekankan pada siswa, guru bertugas sebagai pemandu, koordinator, dan fasilisator.
·       Merupakan model gaya mengajar yang permisif
·       Penekan pada regulasi diri siswa tersebut.

“salah satu kunci dalam manajemen kelas di awal masa sekolah yaitu menyampaikan aturan dan prosedur yang digunakan kelas (Kontrak) dan mengajak siswa untuk mematuhinya”
E.   Manfaat Manajemen Kelas Kepada Siswa dan Guru
v Manfaat Manajemen Kelas Bagi Siswa.
o   Mendorong siswa mengembangkan tanggung Jawab Individu terhadap tingkah lakunya serta sadar akan mengendalikan dirinya.
o   Membantu siswa menampilkan tingkah lakunya sesuai dengan tata tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai suatu peringatan bukan suatu kemarahan.
o   Menimbulkan rasa kewajiban yang melibatkan dari dasar tugas serta bertingkah laku  yang wajar.
v Manfaat Manajemen Kelas Bagi Guru.
o   Mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam memelihara kelancaran penyajian dan langkah-langkah pelajaran secara tepat dan baik.
o   Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa dan mengembangkan kompetensi dari dalam serta memberikan pengarahan yang jelas kepada siswa
o   Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan.


F.     Strategi Mnajemen Kelas
v Mengajak siswa untuk berkomunikasi
v Mengajak siswa dalam meyelesaikan masalah / mengatasi problem secara efektif
v Membimbing siswa untuk berbagi dan mengemban suatu tanggung jawab dengan membangun dan menegakkan aturan
v Mendesain ruangan kelas menjadi tempat yang efektif serta menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran menjadi lebih optimal.
v Meningkatkan waktu pembelajaran akademik yang baik dengan membantu siswa menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar dan mengurangi waktu aktivitas yang tidak diorientasi pada tujuan.
v Memberikan ceramah yang efektif agara dapat menjalin hubungan dengan siswa .
G.  Gaya Penataan Lingkungan Fisik Kelas
Terdapat gaya penataan tempat duduk dalam mengorganisasikan lingkungan fisik kelas yaitu :
v Gaya Auditorium
Gaya susunan kelas ketika semuasiswa duduk menghadap guru
v Gaya Tatap Muka (face to face)
Gaya susunan kelas saat murid saling berhadapan
v Gaya Off-set
Gaya susunan kelas ketika sejumlah murid (biasanya tiga atau empat anak) duduk dibangku,tetapi tidak duduk berhadapan langsung satu sama lain.
v Gaya Seminar
Gaya susunan kelas ketika sejumlah besar siswa (sepuluh atau lebih) duduk di susunan berbentuk lingkaran, atau persegi, atau berbentuk U.
v Gaya Klaster (cluster)
Gaya susunan kelas  dimana sejumlaj murid  (biasanya empat sampai delapan anak) bekerja dalam kelompok kecil.

psikologi pendidikan Pendagogi dan Andagogi

Psikologi Pendidikan Pendagogi dan Andagogi A.   Pengertian Pendagogi Dan Andagogi  Pendagogi merupakan cara mengajar/belajar dengan ...